Wellcome... take a look at Math a bit deeper

pmatanjar.blogspot.com

Sunday, January 16, 2011

MENU PEMBELAJARAN


Standar kompetensi mata pelajaran matematika SMP terdiri dari 4 aspek yaitu :

a)    Bilangan;
b)    Aljabar;
c)    Geometri dan pengukuran; 
d)    Peluang dan statistika;
Kecakapan atau kemahiran matematika yang diharapkan dalam pembelajaran matematika yang mencakup ke empat aspek tersebut diatas adalah mencakup :
a)    Pemahaman konsep;
b)    Prosedur;
c)    Penalaran dan komunikasi;
d)    Pemecahan masalah;
e)    Menghargai kegunaan matematika.
Demi kepraktisan dan kemudahan, maka aspek penilaian matematika dalam rapor dikelompokkan menjadi 3 aspek yaitu:
1)  Pemahaman Konsep
2)  Penalaran dan komunikasi
3)  Pemecahan masalah
Alasan:
1) Pemahaman konsep merupakan kompetensi yang ditunjukkan siswa dalam memahami konsep dan dalam melakukan prosedur (algoritma) secara luwes, akurat, efisien dan tepat. Indikator yang menunjukkan pemahaman konsep antara lain adalah:
a)  menyatakan ulang sebuah konsep
b)  mengklasifikasi objek-objek menurut sifat-sifat tertentu (sesuai dengan konsepnya)
c)  memberi contoh dan non-contoh dari konsep
d)  menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis
e)  mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep
f)   menggunakan, memanfaatkan, dan memilih prosedur atau operasi tertentu
g)  Mengaplikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah

2) Penalaran dan komunikasi merupakan kompetensi yang ditunjukkan siswa dalam melakukan penalaran dan mengkomunikasikan gagasan matematika.Indikator yang menunjukkan penalaran dan komunikasi antara lain adalah:
a) menyajikan pernyataan matematika secara lisan, tertulis, gambar dan diagram
b) mengajukan dugaan
c)  melakukan manipulasi matematika
d) menarik kesimpulan, menyusun bukti, memberikan alasan atau bukti terhadap kebenaran solusi
e) menarik kesimpulan dari pernyataan
f)  memeriksa kesahihan suatu argumen
g) menemukan pola atau sifat dari gejala matematis untuk membuat generalisasi

3) Pemecahan masalah merupakan kompetensi strategik yang ditunjukkan siswa dalam memahami, memilih pendekatan dan strategi pemecahan, dan menyelesaikan model untuk menyelesaikan masalah. Indikator yang menunjukkan pemecahan masalah antara lain adalah:
a)  menunjukkan pemahaman masalah
b)  mengorganisasi data dan memilih informasi yang relevan dalam pemecahan masalah
c)  menyajikan masalah secara matematik dalam berbagai bentuk
d)  memilih pendekatan dan metode pemecahan masalah secara tepat
e)  mengembangkan strategi pemecahan masalah
f)   membuat dan menafsirkan model matematika dari suatu masalah
g)  menyelesaikan masalah yang tidak rutin
Sehingga ketika akan memasukkan nilai kedalam rapor, maka:
1)    Hasil penilaian terhadap Indikator yang menunjukkan bahwa siswa telah kompeten dalam pemahaman  konsep  dimasukkan ke dalam aspek penilaian pemahaman konsep.
2)    Hasil penilaian terhadap Indikator yang menunjukkan bahwa siswa telah kompeten dalam penalaran dan komunikasi dimasukkan ke dalam aspek penilaian penalaran dan komunikasi.
3)    Hasil penilaian terhadap Indikator yang menunjukkan bahwa siswa telah kompeten dalam pemecahan masalah dimasukkan dalam aspek penilaian pemecahan masalah.

Ketiga aspek penilaian ini juga yang digunakan SMP Tarakanita Gading Serpong untuk memberi penilaian kepada setiap siswa dalam mata pelajaran matematika. Untuk itu disusunlah Menu Pembelajaran yang merupakan salah satu perangkat dalam pembelajaran di SMP Tarakanita Gading Serpong. Dalam Menu Pembelajaran terdapat beberapa informasi seperti : 
·         PelaksanaanTagihan 
·         Jenis Tagihan ( ulangan, kuis, tugas)
·         Bentuk Tagihan
·         Uraian Indikator 
·         Aspek Tagihan 
·         KKM untuk setiap aspek tagihan
·         Nilai perdana dan nilai remedial
Menu pembelajaran akan dibagikan kepada setiap siswa pada awal semester. Dengan adanya menu pembelajaran ini sekolah dapat mengkomunikasikan tentang rencana waktu pelaksanaan tagian nilai. Rincian indicator yang ditagihkan dapat membantu siswa dalam mempersiapkan diri pada saat penilaian. Kolom nilai perdana dan remedial kiranya dapat dijadikan sebagai rekapan nilai pribadi bagi setiap siswa. Dengan demikian siswa maupun orang tua dapat mengetahui secara persis nilai yang diperoleh pada setiap aspek tagihan.

Download: